Pelatihan Konselor Kota Banjarmasin

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin Bapak Drs. Madyan, M.Si membuka secara langsung pelatihan konselor yang diadakan oleh Bidang Perlindungan Khusus Anak bertempat di Imperial Ballroom Hotel Roditha Kota Banjarmasin pada Senin, 7 November 2022

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dihadiri peserta dari Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak Kota Banjarmasin, Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kota Banjarmasin, serta anggota Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Barat.

Pelatihan ini mengundang beberapa narasumber dengan meningkatkan pengetahuan, nilai dan keterampilan peserta dalam mensosialisasikan peran dan fungsi bimbingan konseling bagi korban kekerasan khususnya perempuan dan anak di Kota Banjarmasin.


Pemateri pertama adalah Ibu Rika Zwageri, M.Psi, Psikolog dari Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Provinsi Kalimantan Selatan. Beliau memberikan paparan perihal Konseling dan Dukungan Psikologis Awal (DPA) bagi Anak Korban Kekerasan.


Paparan dilanjutkan dengan Teknik Komunikasi Konseling Persuasif yang dibawakan oleh pemateri dari TRUSco Banjarmasin, Bapak Hendra, SE, ME, CBA. Beliau juga mengisi materi di hari kedua perihal Membangun Manudia dalam Komunikasi Persuasif.

Di hari kedua, pemateri dari Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum untuk Wanita dan Keluarga (LKBHuWK) Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Ibu Dr. Nurhikmah, SH, MH, MM di mana beliau memberikan materi peihal Etika Konseling Hukum.

Dan pemateri terakhir adalah Dr. Rusdi Rusli, M.Psi, Psikolog, CPC. Beliau memberikan pemahan soal Konseling dan Dukungan Psikologis Awal (DPA) bagi Korban Dewasa khususnya wanita korban kekerasan.

(sy)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama