Membangun Kesetaraan Gender Melalui Keluarga

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin melalui Bidang Kualitas Hidup Keluarga melaksakan kegiatan Membangun Kesetaraan Gender Melalui Keluarga yang mengambil tempat di Kelurahan Sungai Bilu, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin pada Rabu, 8 Maret 2023.

Kegiatan yang mengambil tempat di Aula Kantor Kelurahan Sungai Bilu ini dihadiri oleh 30 orang peserta yang  terdiri dari Ketua RT , Kader Posyandu, Kader Dasawisma, dan Masyarakat Kelurahan Sungai Bilu.

Narasumber pertama sekaligus membuka kegiatan diisi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin Bapak Drs. Madyan, M.Si. Beliau menyampaikan materi tentang Pengarusutamaan Gender sebagai strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integrasi dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.

Pemateri kedua adalah Ibu Dr. Hj. Norlaila, M.Ag., M.Pd, selaku Koordinator Pusat Studi Gender (PSG) UIN Antasari Banjarmasin. Beliau menyampaikan materi soal kesetaraan gender dalam keluarga yang mana membentuk keadilan gender dalam suatu upaya untuk membuat kondisi adil untuk perempuan dan laki-laki melalui kebijakan dan kegiatan serta  proses budaya yang menghilangkan hambatan-hambatan terhadap akses, peran, kontrol dan manfaat bagi perempuan dan laki-laki.

Kesetaraan gender dalam keluarga mampu membawa makna positif dalam rangka mewujudkan keluarga secara ekonomi dan anak tumbuh lebih sehat. Hal yang paling penting adalah pembagian peran antara suami istri dalam mengasuh dan mendidik anak yang bisa membawa pengaruh positif pada anak.

Dalam kehidupan berumah tangga, kesetaraan laki-laki dan perempuan dapat diwujudkan dalam bentuk hubungan kemitraan antara suami dan istri.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama