Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Kota Banjarmasin Tahun 2024


Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin melaksanakan kegaitan Kampanye Perlindungan Khusus Anak pada Peringatan Hari Anak Kota Banjarmasin Tahun 2024 bertempat di Siring Pemerintah Kota Banjarmasin pada Sabtu, 3 Agustus 2024.

Kegiatan ini mengundang Forkopimda Kota Banjarmasin, Kepala SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin, undangan serta peserta dari Forum Anak Daerah Kota Banjarmasin dan Anak-anak SD dan SMP se-Kota Banjarmasin sebanyak 500 orang.
 



Kegiatan Puncak Hari Anak Nasional Kota Banjarmasin Tahun 2024 kali ini juga berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan yang melakasanakan Gebyar PAUD se-Kota Banjarmasin, sekaligus membuka rangkaian acara dengan pengibaran bendera di permulaan oleh Wali Kota Banjarmasin, H. Ibnu Sina.


Kegiatan dibuka dengan penampilan tarian pembukaan yang dibawakan oleh murid PAUD Kota Banjarmasin. Selan itu juga ditampilkan performance lagu yang dibawakan oleh murid PAUD Santa Maria Banjarmasin.

Kegiatan dilanjutkan dengan laporan panitia HAN Kota Banjarmasin Tahun 2024 yang disampaikan Kepala DPPPA Kota Banjarmasin Dr. H. M. Ramadhan, SE.,ME.Ak.,CA.,CGAM.,CFDP. Dalam laporannya beliau memaparkan sinergitas koordinasi antar SKPD dan berbagai pihak dai media, dunia usaha dan lembaga masyarakat. Belum lagi dukungan sponsorship yang mendukung keberlangsungan dan kelancaran kegiatan dengan membuka stand-stand edukasi dan keperluan anak di sekitar acara.


Rangkaian acara lain dalam Peringatan HAN Kota Banjarmasin Tahun 2024 kali ini adalah Pembacaan Suara Anak Kota Banjarmasin yang dibacakan perwakilan Forum Anak Daerah Kota Banjarmasin. Suara Anak kali ini menyoroti tentang : penyaringan konten sensitif yang tidak layak anak di media sosial, mencegah kekerasan pada anak khususnya tindakan bullying maupun cyberbullying, meningkatkan pengawasan regulasi pernikahan usia anak dan edukasi isu kesehatan reproduksi pada anak, penolakan segala bentuk penjualan dan penyalahgunaan NAPZA terhadap anak, memberikan edukasi tentang pentingnya parenting yang baik serta pengajaran ramah anak kepada calon orang tua, orang tua, dan tenaga pendidik, pelaksanaan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap dana bantuan pemerintah kepada anak khususnya KIP agar tepat sasaran, kemudian mengajak seluruh masyarakat untuk mengoptimalkan penggunaan dan pemeliharaan fasilitas ramah anak terutama untuk Anak Berkebutuhan Khusus, memohon kepada pemerintah untuk menggaungkan kembali terkait isu pemanasan global khususnya tentang penggunaan plastik sekali pakai dan pemilahan limbah di Kota Banjarmasin, serta Anak Kota Banjarmasin menolak segala bentuk diskriminasi, kriminalitas, radikalisme dan eksploitasi yang dapat membahayakan anak serta memohon kepada pemerintah bersama dunia usaha untuk memfasilitasi biaya pendidikan serta pelayanan khusus terhadap anak terlantar.



Acara dilanjutkan dengan pengukuhan inovasi kerjasama antara DPPPA Kota Banjarmasin bersama Komunitas Kita Korban Bullying (KKB) yaitu satuan penanganan dan pencegahan bullying di tingkat sekolah yang dinamakan BESTY atau Bubuhan Pengedukasi tentang Bullying.



Acara dilanjutkan dengan inisiasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap 2 yang dibuka dengan pemberian imunisasi kepada anak-anak oleh Wali Kota Banjarmasin, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dan Kepala Dinas Kesehatan serta Kepala DPPPA Kota Banjarmasin. Selain itu juga diadakan penyerahan Penghargaan kepada Posyandu Kota Banjarmasin dalam Rangka Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kota Banjarmasin Tahun 2024.

Kemudian dilaksanakan launching Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) yang mulai dicanangkan di 5 Kelurahan Kota Banjarmasin sebagai pilot project, yaitu pada Kelurahan Telaga Biru (Banjarmasin Barat), Tanjung Pagar (Banjarmasin Selatan), Sungai Baru (Banjarmasin Tengah), Sungai Bilu (Banjarmasin Timur) dan Alalak Selatan (Banjarmasin Utara).


Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sandang bagi anak anak penghuni Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan penyerahan hadiah lomba tingkat PAUD pada acara gebyar PAUD yang sudah dilaksanakan dalam Rangkaian Hari Anak Nasional.

Wali Kota Banjarmasin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pada upaya perlidungan anak yang mulai berjalan dengan sistem yang semakin disempurnakan demi menyongsong Generasi Banjarmasin Emas dan Indonesia Emas 2045.








Acara ditutup dengan hiburan  yang dibawakan oleh siswa siswi SLB Negeri Banjarmasin, teater yang dibawakan Sanggar Seni Langit Jingga dan bernyanyi lagu medley bersama staf Muda Wali Kota Anisa Cahayani bersama Forum Anak Daerah Kota Banjarmasin.





Tidak lupa diadakan penarikan undian door prize bagi peserta yang diambil dan diumumkan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin
.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama